Keutamaan Introspeksi Diri

 Salam Pagi 

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Sahabat2ku yg baik....

PERASAAN merasa diri paling baik dan benar tak jarang hinggap di diri seseorang. 

Misalnya ketika kita merasa telah mempelajari dan menguasai sesuatu, kita cenderung merasa paling pintar dan menilai orang lain tidak berilmu. 

Demikian juga ketika kita mempelajari dan memperdalam agama. 

Ketika kita merasa telah belajar dan menguasai ilmu agama, kita cenderung merasa paling benar dibanding dengan yang lainnya.

Ketika kita merasa diri paling benar, paling suci, paling aman dari dosa, paling beriman atau bahkan paling berhak masuk surga sejatinya merupakan tipu daya setan sehingga membuat sesuatu yang sebenarnya salah menjadi tampak benar.

Sebagaimana Allah Swt berfirman di dalam Al-Qur'an, yang artinya :

"Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang menganggap dirinya bersih?. Sebenarnya Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya dan mereka tidak aniaya sedikitpun."

(QS. An-Nisa 49)

Merasa diri paling benar, paling suci, paling aman dari dosa, paling beriman atau bahkan paling berhak masuk surga adalah beberapa bentuk sikap Sombong dalam Islam dan merupakan perbuatan yang sangat dicela oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Rasulullah Saw bersabda, yang artinya :

“Janganlah menyatakan diri kalian suci. Sesungguhnya Allah yang lebih tahu manakah yang baik di antara kalian.” 

(HR. Muslim).

Karena itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk lebih mengenal dirinya sendiri (introspeksi Diri) guna menghindarkan kita dari berbagai penyakit Hati : sombong, riya', ujub, takabur dan lain sebagainya.

Jadi Keutamaan introspeksi Diri dalam Islam di antaranya adalah menyadari segala kekurangan yang kita miliki tanpa harus merendahkan orang lain.

Karena bisa jadi orang lain yang direndahkan, dianggap salah, tidak suci, lebih berdosa, kurang beriman dan dianggap tidak pantas masuk surga menurut “kriteria”-nya sejatinya jauh lebih baik dari dirinya.

SUBHANALLAH 🙏🙏

Semoga Kesehatan dan Keberkahan tetap dilimpahkan kepada kita semua serta senantiasa menjadi hamba Allah yang selalu Bersyukur dan memiliki hati yang terbaik, bersih dan ikhlas dalam berbuat Kebaikan serta Allah SWT menerima Taubat dan memberikan Ampunan atas Dosa-dosa kita...

Amin Ya Robbal Alamin 🤲🤲


06-07-2023 - TGH Syamsul Rijal - PP Darul Muhajirin Praya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Imam Ahmad Bin Hanbal Dan Istighfar Tukang Roti

Hikmah Pagi

Hormati Dan Sayangi Kedua Orang Tua Kita